skip to Main Content

TUGAS & FUNGSI

INSPEKTUR

(1) Inspektur mempunyai tugas membantu Walikota membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah.

(2) Inspektur dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a.Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
b.Pelaksanaan pengawasan intrenal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dankegiatan pengawasan lainnya;
c.Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Walikota;
d.Penyusunan laporan hasil pengawasan;e.Pelaksanaan administrasi Inspektorat; danf.Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

(3) Uraian tugas Inspektur adalah sebagai berikut :
a.Merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis dan rencana kerja tahunan dengan berpedoman kepada Renstrasebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b.Mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengawasan pelaksanaan pembangunan dan pemerintah lingkup pemerintah kota;
c.Mengkoordinasikan dan memberi arahan dalam perencanaan, penyelenggaraan, pengendalian dan pengawasan tugas-tugas Sekretariat dan Inspektur Pembantu;
d.Mengajukan rancangan perencanaan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) untuk selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Walikota;
e.Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
f.Membina aparatur pengawasan dalam kegiatan pengawasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan agar pencapaian hasil pelaksanaan tugas pengawasan dapat lebih efisien dan efektif;
g.Mengkoordinasikan kegiatan pengawasan dengan aparatur pengawasan lainnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar terwujudnya sinkronisasi di bidang pengawasan;
h.Memantau, memonitor, mengevaluasi dan mengkoordinasikan pengawasan guna mengetahui keberhasilan pelaksanaan tugaspengawasan secara komprehensif;
i.Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Walikota;
j.Menetapkan dan mengawasi pelaksanaan standar pelayanan publik, sistem pengendalian intern pemerintaha, standar operasional prosedur serta fasilitasi pengukuran indeks kepuasan masyarakat secara periodik untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan pengendalian kegiatan dibidang pengawasan interen pemerintah daerah;
k.Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada walikota melalui sekretaris daerah; dan
l.Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan secara tugasdan fungsinya.

SEKRETARIS

(1) Sekretariat dikepalai oleh sekretaris mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi dilingkungan inspektorat .

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), sekretaris mempunyai fungsi :
a.Penyusunan rencana dibidang administrasi umum, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan b.Pengelolaan program administrasi umum, kepegawaian, pengawasan, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan
c.Pelaksanaan urusan hukum, organisasi dan tata laksana serta kehumasan; dan
d.Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya

(3) Uraian tugas sekretariat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :
a.Mengkoordinasikan dan mengolah bahan perumusan dan penyusunan kebijakan teknis lingkup inspektorat;
b.Merencanakan operasional sekretariat berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja tahunan inspektorat sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
c.Menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, ketatalaksanaan kehumasan dan kerumahtanggaan dilingkungan dinas;
d.Menyelenggarakan administrasi keuangan dan aset daerah dilingkungan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
e.mengkoordinasikan, menghimpun, menganalisa dan mengevaluasi program dan pelaporandari setiap inspektur pembantu;
f.mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan ketatausahaan pada inspektorat;
g.membagi jumlah seluruh pelaksanaan pada inspektorat untuk ditempatkan pada setiap bidang sesuaikebutuhan dan keahlian;
h.mengalisa kebutuhan, memeliharara mendayagunakan serta mendistribusikan sarana;
i.membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
j.mengkoordinasikan penyusunan dan menyelenggarakansistem pengendalian intern pemerintah, standar operasional prosedur dan standar pelayanan publik untuk pengendalian pelaksanaan kegiatan dan peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat;
k.menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas dan / atau kegiatan kepada atasan lain; dan
l.melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dugas dan fungsinya.

KASUBAG KEUANGAN, UMUM DAN KEPEGAWAIAN

(1) Sub Bagian Keuangan, Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan program administrasikeuangan dan umum dalam arti melaksanakan penatausahaan keuangan urusan surat menyurat, kearsipan, ekspedisi, pengadaan, administrasi perjalanan dinas, kerumahtanggaan, peralatan dan perlengkapan kantor, menyelenggarakan kepustakaan, melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, hukum, organisasi dan tata laksana serta kehumasan.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sub Bagian keuangan, umum dan kepegawaian menyelenggarakan tugas :
a.Penyiapan bahan perumusan kebiajakan dibidang keuangan, administrasi umum dan kepegawaian;
b.Penatausahaan keuangan dalam pelaksanaan anggaran belanja inspektorat;
c.Pengelolaan urusan administrasi umum yang meliputi surat masuk, surat keluar, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan rumahtangga, sarana prasarana dan aset;
d.Pengelolaan urusan kepegawaian meliputi mutasi, disiplin, kesejahteraan data dan peningkatan kapasitas pegawai ; dan
e.Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) uraian tugas sub bagian keuangan, umum, kepegawaianadalah :
a.menyiapkan bahan perumusan kebijakasanaan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan, administrasi umum, kepegawaian dan penatausahaan bsrsng milik daerah;
b.merencanakan kegiatan dan anggaran berbabis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi sub bagian keuangan, umum dan kepegawaian berpedoman kepada rencana strategis daerah;
c.melaksanakan administrasi, penggandaan dan pendistribusian surat masuk, surat keluar, perjalanan dinas, penyimpanan berkas kerja, data dan kepustakaan dinas;
d.menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan pengadaan, penatausahaan dan pemeliharaan barang milik daerah untuk mendukung pelaksanaan tugas dan lingkungan Inspektorat;
e.melaksanakan tugas kerumahtanggaan meliputi pemeliharaan kebersihan, ketertiban, keindahan, kenyamanan, kelestarian lingkungan dan keamanan kantor serta penyiapan konsumsi tamu dan rapat dina f.menyiapakan bahan pengembangan pegawai meliputi data pegawai, penilaian angka kredit tenaga fungsional dan meneliti usulan kenaikan pangkat dan gajiberkala, citi, pensiun PNSD, usulan PNSD yang akan mengikuti tugas belajar, izin belajar, pendidikan dan pelatihan kompetensi pegawai serta usulan KARPEG, KARIS, KARSU dan TASPEN sesuai ketentuan yang berlaku
g.menyiapkan bahan pembinaan pegawai meliputi laporan kehadiran, sasaran kerja pegawai, penerapan sanksi pelanggaran disiplin, 10 pemberian penghargaan dan penghitungan kesejahteraan pegawai sesuai ketentuan yan berlaku
h.menyelenggarakan anggaran belanja inspektorat daerah dengan berpedoman kepada Anggaran PEndapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) yang telah ditetapkan i.Menyiapan daftar gaji, tunjangan, honor PNSD, dan pegawai honorer, lembur, perjalanan dinas serta transpor serta kesejahteraan PNSD dan Pegawai Honorer j.Mengkoordinasikan pelaksanaan anggaran satuan kerja penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, Laporan Surat Pertanggung jawaban( SPJ ) Bendahara, Pertanggungjawaban, pembukuan keuangan dan menyiapakan laporan hasil verifikasi .k.Memfeasilitasi perancangan produk hukum daerah dan pelaksanaan urusan organisasi, tata laksana dan kehumasan di bidang pengawasan intern pemerintah daerah l.Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai dengan bidang tugas
m.Membuat laporan kegiatan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan n.Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas fungsinya

KASUBAG PERENCANAAN, EVALUASI DAN PELAPORAN

(1) Sub bagian perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas menyelenggarakan program perencanaan,evaluasi dan pelaporan lingkup inspektorat

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sub bagian perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :
a.Penyiapan bahan penyusunan rencana program kerja pengawasan
b.Penghimpunan dan Pengolahan data untuk perancangan perencanaan kegiatan, laporan tidak lanjut ( LHP ) tindak lanjut LHP dan Laporan Kegiatan
c.Pelaksanaan administrasi kasus kasus pengaduan masyarakat serta menyusun laporan hasil kegiatan pengawasan dan
d.Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

(3) Uraian tugas Sub bagian perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat(1) adalah : a.Menyiapakan bahan perumusan kebiajakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan perencanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan
b.Merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Sub bagian perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan berpedoman kepada rencana Strategis Inspektorat
c.Menysusun rencana program kerja dan anggaran berdasarkan tugas dan fungsi Sub bagian perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan berpedoman kepada REncana Strategis Inspektorat
d.Mengkoordinasikan penyiapan bahan dan pembuatan laporan serta melaksanakan monitoring dan evaluasi e.Mengkoordinasikan, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah serta menyiapakan data, informasi sinkronisasi dan analisis data di bidang pengawasan
f.Mengumpulkan, mengevaluasi dan mengolah data dan bahan tentang laporan hasil pemeriksaan ( LHP ) dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaanuntuk menyiapkan bahan pemaparan dan laporan hasil pemeriksaan
g.Menyiapkan bahan serta memberikan pelayanan dalam rangka pemeriksaan keuangan
h.Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah dan standar operasional prosedur untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan sesuai bidang tugas i.Membuat laporan kegiatan sebagai bahan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan
j.Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya

INSPEKTUR PEMBANTU WILAYAH I

(1) Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas membantu Inspektur melaksanakan pengawasan fungsional, pembinaan dan fasilitasi atas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kota Padang Panjangdan Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Padang Panjang.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai fungsi:
a.pengawasan fungsional pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan wilayah I ;
b.pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan pengawasan pembangunan dan kemasyarakatan wilayah I sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c.pengkoordinasian penyusunan bahan perencanaan dan pelaksanaan pengawasan fungsional dengan unit kerja terkait dilingkungan Pemerintah Kota;
d.pelaksanaan pemantauan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan unit kerja terkait.
e.Melaksanakan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

INSPEKTUR PEMBANTU WILAYAH II

(1) Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas membantu Inspektur melaksanakanpengawasan fungsional, pembinaan dan fasilitasi atas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Kantor Lingkungan Hidup, Rumah Sakit Umum Daerah dan Kantor PelayananPerizinan Terpadu Kota Padang Panjang.

(2) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai fungsi:
a.pengawasan fungsional pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan wilayah II;
b.pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan pengawasan pembangunan dan kemasyarakatan wilayah II sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c.pengkoordinasian penyusunan bahan perencanaan dan pelaksanaan pengawasan fungsional dengan unit kerja terkait dilingkungan Pemerintah Kota;
d.pelaksanaan pemantauan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan unit kerja terkait;
e.melaksanakan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Back To Top