skip to Main Content

KENALI LEBIH DEKAT

PROFIL INSPEKTORAT

Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Walikota Padang Panjang

Nomor 31 Tahun 2016 tentang Kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Inspektorat Kota Padang Pajang, maka Inspektorat Kota Padang Panjang merupakan lembaga teknis daerah di bidang pengawasan di semua bidang kegiatan yang menyangkut pelaksanaan tugas pemerintahan melalui penetapan kebijakan umum Pemerintahan Daerah dengan menjalakan pengawasan, pengedalian dan pembinaan.

TUPOKSI

Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Walikota Padang Panjang Nomor 31 Tahun 2016 tentang Kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Inspektorat Kota Padang Pajang, maka Inspektorat Kota Padang Panjang merupakan lembaga teknis daerah di bidang pengawasan di semua bidang kegiatan yang menyangkut pelaksanaan tugas pemerintahan melalui penetapan kebijakan umum Pemerintahan Daerah dengan menjalakan pengawasan, pengedalian dan pembinaan.

Sumber Daya Manusia

TUJUAN

Tujuan menggambarkan keadaan masa mendatang tentang kegiatan dari organisasi yang dapat direalisasikan, merupakan pernyataan outcome jangka panjang yang diinginkan yang relative permanen dan berkaitan dengan misi organisasi serta berorientasi kedepan untuk menyelesaikan permasalahan utama.Adapun tujuandari Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang adalah :

1.Terwujudnya optimalisasi pelaksanaan pengawasan oleh tenaga auditor yang profesional guna mendukung tata kelola Pemerintahan yang baik, bersih, amanah, dan anti KKN.
2.Terwujudnya Aparat APIP yang profesional dan memelikiIntegritas.
3.Terwujudnya sarana dan prasarana yang representative dan mencukupi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
4.Terwujudnya Administrasi dari dokumen pemeriksaan dan laporan hasil pemeriksaan yang akurat, handal dan dapat dipertanggungjawabkan.

SASARAN

Sasaran adalah bagian dari tujuan, sasaran adalah outcome (yang telah dirancang) yang diinginkan untuk pencapaian tujuan.Sasaran harus dapat dicapai dan memungkinkan dalam jangka waktu tertentu dan bersifat jangka pendek,kurang permanen dari pada tujuan.

Adapun sasaran yang ingin dicapai Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang dalam rangka merealisasikan tujuan adalah sebagai berikut :
1.Terlaksananya pengawasan internal secara berkala dan berkesinambungan sehingga tercipta akuntabilitas dan pemerintahan yang baik, bersih, amanah dan anti KKN di Kota Padang Panjang, dengan indikator berkurangnya temuan penyimpangan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).
2. Meningkatnya profesionalisme AparaturPengawasan pada Inspektorat Kota Padang Panjang, dengan indikator bertambahnya SDM Aparatur Pengawasan dan diperolehnya sertifikat pelatihan bagi setiap pegawai yang mengikuti diklat,dan tersedianya tenaga Fungsional Auditor sertaPengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD) dengan berbagai latar belakang pendidikan dan disiplin ilmusesuai kebutuhan.Sesuai formasi untukAuditor maksimal sebanyak 38 orangdan P2UPD maksimal sebanyak 48 orang.
3.Tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta diiringi denganpeningkatan kesejahteraan, dengan indikator jumlah sarana pendukung yang mencukupiuntuk setiap aparatur.
4.Tersedianya dokumen-dokumen penting yang apabila dibutuhkan dapat ditemukan dengan cepat dan tepat, dengan indikator tertatanya/ tersusunnya arsip sesuai dengan petunjuk.

Back To Top