skip to Main Content
Profil KELUH

KELUH adalah singkatan dari Klinik Konsultasi Layanan Utuh merupakan layanan inovasi dari Inspektorat Kota Padang Panjang. Adapun maksud dari Layanan Utuh ini adalah pemberian layanan konsultasi  oleh Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang kepada mitra kerja dengan upaya lebih tertib dan terarah yang meliputi tempat layanan, waktu pelayanan, penempatan personil (gugus tugas) dan administrasi pelayanan konsultasi.

Klinik KELUH hadir sejak tahun 2018 sebagai wujud aksi dari perubahan paradigma pengawasan WatchDog menjadi Consultant. Perubahan paradigma tersebut menjadikan Inspektorat dimasa mendatang akan lebih banyak menjadi pendeteksi dini (Early Warning System), dibanding selama ini Inspektorat cendrung dianggap sebagai post audit atau pemeriksaan setelah kejadian. Diharapkan untuk masa yang akan Inspektorat lebih berperan sebagai konsultan sebelum dan saat dilakukan kegiatan.

Klinik Keluh
Tujuan, Kedudukan, Fungsi & Tugas

Tujuan Klinik KELUH :

  1. Meningkatkan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan urusan pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang;
  2. Mendorong OPD sebagai Mitra Kerja agar selalu proaktif mencegah terjadinya penyimpangan;
  3. Meminimalkan Temuan Pemeriksaan;
  4. Meningkatkan kapabilitas Inspektorat selaku APIP di lingkungan pemerintah daerah.

Klinik KELUH berkedudukan sebagai wadah pelayanan/klinik konsultasi dalam rangka mempercepat penguatan pengawasan dalam rangka optimalisasi  peran inspektorat dalam mendukung akuntabilitas keuangan pemerintah daerah.

Klinik Keluh berfungsi pelaksanaan pelayanan kegiatan pendeteksian, pelayanan konsultasi upaya preventif dan pelayanan konsultasi permasalahan. Adapun Klinik KELUH bertugas melaksanakan pelayanan konsultasi pengawasan dalam :

  1. Aspek pemerintahan dan aparatur;
  2. Aspek akuntansi dan pengelolaan keuangan
  3. Aspek penatausahaan aset daerah
  4. Aspek pengadaan barang dan jasa pemerintah
Alur Mekanisme Pelayanan Klinik KELUH
Back To Top