skip to Main Content
Inspektorat Lakukan Pendampingan Pemusnahan Suku Cadang Bekas Tidak Layak

Inspektorat Lakukan Pendampingan Pemusnahan Suku Cadang Bekas Tidak Layak

Padang Panjang – Jika selama ini barang-barang bekas pakai masih menumpuk di gudang-gudang OPD seperti ban bekas dan peralatan lainnya yang pada akhirnya menimbulkan masalah pemanfaatan gudang. Barang-barang tersebut belum bisa dihapuskan karena mengantisipasi jika dipertanyakan nantinya oleh tim pemeriksa baik internal maupun eksternal terkait adanya barang bukti penggantian suku cadang di OPD tersebut, sehingga barang-barang bekas tersebut menumpuk di gudang-gudang OPD (bagi OPD yang memiliki gudang). Jika OPD tersebut tidak memiliki gudang ataupun tidak memiliki kapasitas yang cukup akan menimbulkan masalah baru.

Untuk mengatasi munculnya permasalahan tersebut, Inspektorat melakukan pendampingan penghapusan barang-barang bekas tersebut. Dalam kegiatan ini dibuat berita acara penghapusan suku cadang bekas tak layak pakai yang ikut ditanda tangani oleh 2 orang petugas dari Inspektorat yang ditugaskan secara resmi untuk kegiatan ini. Berita acara tersebut akan menjadi jaminan (assurance) dari Inspektorat bahwa barang-barang bukti tersebut memang ada, yang dapat dijadikan sebagai pembuktian kepada pemeriksa.

Langkah tersebut telah dilakukan hari ini (sabtu, 25/1) terkait penghapusan barang bekas di BPKD Padang Panjang, pada kesempatan ini dengan tegas Dr. Syahril, SH, MH sebagai Inspektur Kota Padang Panjang menyatakan petugas Inspektorat tidak dibenarkan menerima gratifikasi apa pun demi mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai kota yang cerdas dan berintegritas.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur menghimbau kepada OPD-OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang yang ingin memanfaatkan layanan pendampingan ini agar dapat berkoordinasi dengan Sekretaris Inspektorat Kota Padang Panjang. (sy-yd)

Back To Top